Bale Raos

Katanya sih menu yang ditawarkan di Bale Raos adalah menu masakan khas yang biasa disajikan di Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat dan beberapa adalah makanan favorit Sultan Hamengkubuwono. Pada buku menu tertulis yang mana yang termasuk makanan favorit para Sultan.
Selasa, 28 Juni 2011, berdua dengan Mbak Nova menuju ke arah keraton. Setelah ‘ingak-inguk’ (baca: tengok sana sini) di sekitar Keraton, akhirnya nemu juga. Meski harus ‘ingak-inguk’ lagi untuk mencari pintu masuknya.
Waktu itu sekitar pukul 14.00, jadi sebenarnya ini adalah makan siang telat sekali. Suasana Bale Raos tenang meskipun pengunjung lumayan ramai. Sayangnya kurang iringan musik khas Yogyakarta. Atau memang mungkin Sultan kalau makan ya tanpa musik? jadi menyesuaikan. Entahlah hanya Tuhan yang tau :D
Meja yang kami tempati sebenarnya belum dibersihkan, tapi daripada lama menunggu karena perut ini sudah terlalu lapar. Tapi ternyata memang pelayanannya pun ala Keraton (alias lamaaa). Padahal para pramusaji seliweran berkali-kali sejak kami duduk. Dan berhubung sudah kelaparan akhirnya kami harus memanggil pramusaji untuk mulai memesan. Ternyata setiap kali ingin tambah makanan/minuman dan menanyakan masih ada pesanan kami yang kurang, kami pun harus memanggil sang pramusaji. Benar-benar kurang profesional pelayanannya. Keluhan utamanya hanya itu saja. Padahal untuk level restoran seperti ini, seharusnya tamu dimanjakan dengan pelayanannya karena untuk itu jugalah pembeli membayar lebih mahal.
Untuk penyajian makanannya bisa dilihat di foto. Nama makanannya pun unik-unik, aseli Ngayogyokarto dan bagi yang tidak suka makanan berbumbu manis pasti akan kecewa, karena hampir semua menu dominan manisnya. Kalau saya sih tidak masalah dengan rasanya :)
Untuk harga, dengan semua menu yang kami nikmati di foto di atas tersebut, ditambah air mineral, menghabiskan sekitar 90ribu rupiah. Memang cukup mahal untuk ukuran kuliner di kota ini. Tapi di mana lagi bisa mencicipi masakan asli Keraton kalau bukan di sini.

Alamat: Jl. Magangan Kulon No.1, Kraton Yogyakarta (Dekat dengan Pasar Ngasem).
Phone/Fax: +62 274 415550

Advertisements